Halaman

Cari Blog Ini

November 12, 2011

Nge-break...!

Ingat zaman dulu, tahun 80/90-an, ketika ramai-ramainya hobi nge-break di kalangan anak muda. Eh... bukan cuma anak muda, orang tua dan anak-anak pun banyak yang suka. Malah remaja putri dan ibu-ibu pun banyak yang gandrung.

Waktu itu saja saya masih anak-anak, hobi banget. Pulang sekolah atau mengisi sore. Apalagi malam Minggu, malam jelang hari libur, atau menunggu sahur di bulan puasa. Sambil mojok lagi....! Hari gini, ada yang masih inget pake pesawat nge-break kayak gitu gak ya?

Sebuah situs internet di Sumatera melansir: Di era teknologi yang kian pesat di mana internet dan handphone sudah menjadi favorit hampir seluruh umat manusia dalam berkomunikasi, hobi radio amatir atau yang lebih dikenal dengan istilah "nge-break" semestinya sudah dicatat orang dalam buku sejarah.
Ada yang bilang pendapat itu ngawur, nge-break belum jadi sejarah, karena pada kenyataannya kegiatan yang sarat dengan nilai sosial ini masih digemari kalangan tua maupun muda.

Saya gak tahu di jaman sekarang yang sudah canggih ini, di mana saja para pehobi itu berada. Saya juga gak tahu persis kalau aktivitas nge-break itu sekarang masih eksis. Setahu saya paling seputar kalangan militer, polisi, polisi pamong praja atau satpam aja yang masih pake. Itu pun, sepertinya, dipakai terbatas hanya untuk keperluan "dinas". Kalau untuk hobi, entahlah...!

Tapi sudahah, kenyataannya buat saya nge-break itu memang sudah jadi cerita lama. Sudah jadi sejarah di mana saya pernah menjadi bagian dari sejarah itu. Ya, pelaku sejarah, yang sejarah itu sepertinya tak akan terulang lagi. Saya ragu kalau anak-anak zaman sekarang akan mengalaminya. Tapi setidaknya mereka tetap perlu tahu. Melalui cerita. Melalui gambar. Melalui internet. Melalui blog ini...! Tentang ngobrol pake kode atau bahasa sandi. Nge-break terus kopi darat...... Weh asyiiiik.......!

Nah..... biar sejarah gak jadi sampah, gak ada salahnya juga kode-kode itu di-publish lagi:

KODE MAKNA
8-4 : Tes pesawat/penerimaannya
8-6 : Dimengerti
8-7 : Disampaikan
8-8 : Ingin berjumpa langsung
10-2 : Posisi/keberadaan
10-8 : Menuju

KODE MAKNA
10-1 Sulit didengar // Penerimaan buruk
10-2 Didengar jelas // Penerimaan baik
10-3 Berhenti mengudara / memancar
10-4 Benar // Dimengerti
10-5 Ada pesan untuk disampaikan
10-6 Sedang sibuk kecuali ada berita penting
10-7 Mengalami kerusakan // Tidak dapat mengudara
10-8 Tidak ada kerusakan // Dapat mengudara
10-9 Mohon diulangi
10-10 Penyampaian berita selesai
10-11 Berbicara terlalu cepat
10-12 Mengundurkan diri karena ada tamu
10-13 Laporan keadaan cuaca / jalanan
10-14 Informasi
10-15 Informasi sudah disampaikan
10-16 Mohon dijemput / diambil di ...
10-17 Ada urusan penting
10-18 Sesuatu untuk kita
10-19 Bukan untuk Anda, harap kembali
10-20 Lokasi // Posisi
10-21 Kontak / hubungan melalui telepon
10-22 Melapor langsung ke ...
10-23 Menunggu // Stand by
10-24 Selesai melaksanakan tugas
10-25 Dapatkah menghubungi / kontak dengan ...
10-26 Pesanan terakhir kurang diperhatikan
10-27 Pindah ke jalur / channel ...
10-28 Nama panggilan // Callsign
10-29 Waktu hubungan / kontak habis
10-30 Tidak menaati peraturan
10-31 Antena yang digunakan
10-32 Laporan sinyal dan modulasi // Radio check
10-33 Keadaan Darurat// Emergency
10-34 Butuh bantuan, ada kesulitan di stasiun ini
10-35 Informasi Rahasia
10-36 Jam berapa waktu yang tepat ?
10-37 Perlu mobil derek di...
10-38 Perlu ambulans di ...
10-39 Pesan sudah disampaikan
10-40 Perlu dokter
10-41 Mohon pindah ke jalur / channel ...
10-42 Ada kecelakaan di ...
10-43 Kemacetan lalu lintas di ...
10-44 Ada pesan untuk Anda
10-45 Dalam jangkauan mohon melapor
10-46 Memerlukan montir
10-50 Mohon kosongkan jalur / channel
10-60 Apakah ada pesan selanjutnya ?
10-62 Tidak dimengerti, melalui telepon saja
10-63 Tugas / pekerjaan dilanjutkan di ...
10-64 Pekerjaan telah selesai / bersih
10-65 Menunggu berita lanjutan
10-67 Semua unit setuju
10-69 Pesanan telah diterima
10-70 Kebakaran di ...
10-71 Pesawat KRAP (RIG) yang dipakai
10-73 Kurangi kecepatan di ...
10-74 Tidak // Negatif
10-75 Penyebab gangguan
10-76 Dalam perjalanan ke ...
10-77 Belum / tidak menghubungi
10-81 Pesankan kamar di hotel ...
10-82 Pesankan kamar untuk ...
10-84 Nomor telepon
10-85 Alamat
10-89 Butuh montir radio
10-90 Gangguan pesawat televisi (TVI)
10-91 Bicara dekat mikropon
10-92 Pemancar perlu penyesuaian
10-93 Apakah frekuensi sudah tepat ?
10-94 Berbicara agak panjang
10-95 Mengudara dengan sinyal setiap 5 detik
10-97 Tes pada pemancar
10-99 Tugas selesai, semua orang selamat
10-100 Akan ke kamar mandi
10-200 Perlu bantuan polisi di ...
10-300 Perlu pemadam kebakaran di ...
10-400 Perlu petugas ketertiban umum di ...
10-500 Perlu bantuan provost di ...
10-600 Perlu bantuan garnizun di ...
10-700 Perlu bantuan SAR di ...
10-800 Perlu bantuan PLN di ...

(digoyang dari berbagai sumber di dunia maya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar